5 Bahan Dasar dari Tanggung Jawab




Tanggung Jawab
Sikap bertanggung jawab itu tidak muncul dengan sendirinya. in fact, kecenderungan tiap orang adalah menghindari tanggung jawab dan mencari cara yang enak saja. Tapi, anak sebagian dari anak manusia tentu tidak semuanya kayak gitu. Nah, apa sikap yang harus kita miliki biar jadi orang yang bertanggung jawab? berikut ini 5 bahan dasar tanggung jawab.


1. Percaya Diri dan Berani.
Orang yang tidak pede akan cenderung menghindari tanggung jawab. mereka merasa, " Ah pasti ada orang lebih mampu melakukan hal itu. " tidak hanya itu, mereka juga keder karena belum-belum udah ngerasa, "Wah, aku cuma anak kuliahan, mana bisa ngurusin hal kayak gitu? "inilah yang harus dibenahi. Faktanya, Setiap orang ga perna tau sejauh mana kemampuannya sebelum dia benar-benar coba. Kegagalan masalalu pun nggak bisa jadi ukuran, karena kalo udah perna gagal, justru artinya kita sekarang udh lebih pengalaman kan?

2. Kejujuran.
Jujur mengakui kalo salah, khususnya, adalah salah satu benih tanggung jawab. ini bisa dibilang bagian ga enaknya, tapi tanpa punnya sikap jujur seperti ini, kita juga cenderung ga pernah berani mengemban tanggung jawab.

3. Optimis. 
betul sih, jadi penggung jawab, jadi ketua, jadi orang yang ditunjuk ngelakuin sebuah tugas itu bukan hal enteng. Hampir pasti itu lebih berat dari mereka yang sekedar ngikut doang. tapi, kita juga mesti optimis. Daripada hanya ngeliatin beratnya, liat juga hal positif dan perubahan yang bisa kita hasilkan. Daripada cuma ngeluh, lebibaik cari solusi. itulah salah satu sifat orang yang mau bertanggung jawab en layak diberi tanggung jawab.

4. Disiplin. 
Ini juga jelas. Orang yang bertanggung jawab harus disiplin, kita yang masih suka malas-malasan, susah ikut aturan, kebiasaannya telat or motor dalam ngelakuin apapun, mengatur juga sulit buat dikasih tanggung jawab sama orang lain. Gimana lagi? kalo ga bisa mengatur diri sendiri, Bagaimana bisa dia bisa mengatur orang lain? .

5. Sadar Konsekuensi.
Orang yang bertanggung jawab punya kesadaran bahwa, kalo kita melakukan ini, maka hasilnya akan begini, dan kalo kita tidak melakukan itu, maka akibatnya aja juga begitu. Maka, orang yang bertanggung jawab akan berpikir panjang dan bisa melihat segala sesuatu dari big Picturenya. Sebelum dia berjanji dia pasti akan menghitung apa yang bisa dia tepatin atau tidak. Dan kalo janji, maka dia pasti menepatinnya atau setidaknya punya plant B andai ada hambatan.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak. untuk informasi lebih lanjut bisa anda lihat pada bagian privacy kami. Terimakasih

Previous Post Next Post